Virus Menulis


Virus itu mahluk hidup yang sangat cepat penyebarannya. Keberadaannya bisa menyebar melalui berbagai media. Lalu, apa hubungannya dengan menulis? Menulis bisa dijadikan media penyebaran ide sedahsyat penyebaran virus. Nggak percaya? Coba aja buktikan sendiri.

Pada bagian lain, bicara virus dan menulis, ternyata banyak juga orang yang ingin terjangkiti oleh virus menulis. Tepatnya, banyak temen-temen yang ingin bisa menulis. Tapi, lucunya mereka hanya sekadar keinginan. Tidak pernah mencoba menuangkannya dalam bentuk tulisan. Atau kalaupun dia menuangkan dalam bentuk tulisan, tapi tidak menjadi kebiasaannya dengan terus menulis. Menulis apapun, yang penting melemaskan otot-otot kepenulisan dalam fisik, pikiran, dan jiwa kita. Padahal, menulis itu adalah sebuah keterampilan yang harus terus dilatih untuk dapat memahirkannya. Anda setuju?

Jadi, virus menulis itu, sejatinya adalah menulis itu sendiri. Membiarkan kata menjadi aneka kata-kata. Merangkai kata menjadi kalimat-kalimat. Menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf yang simultan. Pada akhirnya, paragraf yang terkumpul dengan baik itu akan menjadi sebuah tulisan utuh yang siap dimaknai pembacanya.

Untuk sampai pada tahap tersebut, tentu kita harus berhabit ria dengan kebiasaan membaca, mengamati, dan merenung merefleksikan fenomena yang terlihat dan dirasakan oleh panca indera kita. Langkah selanjutnya adalah dengan terus menulis apapun yang kita dapat dari habit tersebut. Terus aja lakukan menulis itu, sambil belajar bagaimana cara orang lain menulis, yaitu dengan cara membaca tulisan mereka.

Semoga tulisan singkat ini, dapat menjadi penyemangat diri kita dalam membangun habit menulis dalam hidup keseharian kita.

 #tipsmenulis #produktifmenulis #strategiproduktifmenulis 

P.S
Bila tulisan ini menurut Anda bermanfat, silahkan like, komen dan share biar saya posting tulisan yang sejenis.
.
Bagi Anda yang ingin berlangganan terkait tulisan seputar menulis, silahkan Klik WA ===>>> https://bit.ly/2U9jQvB
Lalu, tulis: Minat langganan artikel tentang menulis.
.
Semoga bermanfaat!
.

Arda Dinata
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, Penulis, dan CEO MIQRA Indonesia Publishing |
Blog: www.ArdaDinata.com
FB: ARDA DINATA
Twitter: @ardadinata
Instagram: @arda.dinata
Telegram: ardadinata
WWW.ARDADINATA.COM



Dapatkan BONUS Tambahan Bagi Anda Yang Pre Order Buku "STRATEGI PRODUKTIF MENULIS" Hari Ini, Yaitu: 
Langganan GRATIS Kiriman Artikel Tentang Menulis Tiap Edisinya!

Berminat Order Sekarang:

Chat WhatsApp Kirim SMS

Silahkan Bagikan Info Ini Sekarang!