Apa Rahasia Tips Produktif Menulis?

Apa Rahasia Tips Produktif Menulis?

Oleh Arda  Dinata

 Pada kesempatan ini, saya coba bahas materi terkait bagaimana tips agar produktif menulis. Agar Anda bisa produktif menulis, tidak ada salahnya kita bisa belajar dari pernyataan Ade Aprilia, Founder Every Day Make-Up Studio, yang telah menulis paling tidak 80 judul buku terkait fashion, interior, dan kecantikan berikut ini.

 “Begitu dapat ide, langsung action dan wujudkan. Sangat tidak menganjurkan untuk menunda sesuatu. Sebab, tak jarang ide yang hinggap di kepala seseorang malah ‘kecolongan’ dan dilakukan oleh orang lain,” ungkap Ade Aprilia dalam suatu kesempatan berbincang dengan media.

 Terkait datangnya ide, apa yang disampaikan Lia, saapan akrab dari Ade Aprilia, saya yakin banyak diamini oleh banyak penulis. Ide dan inspirasi untuk menulis itu datangnya begitu spontan. Untuk itu, bila inspirasi dan ide itu datang menghinggapi pikiran kita, saran saya segera mencatatnya. Sebab, ide dan inspirasi yang datang itu bisa segera pergi dari daya ingat pikiran kita dan susah memanggilnya untuk datang kembali. Kalaupun bisa dipanggil datang kembali, tentu isinya tidak persis dengan pertama kali hinggap dalam pikiran kita. Bicara ide menulis, pengalaman-pengalaman saya dalam mengelola ide untuk bahan menulis sudah saya bukukan dalam buku “STRATEGI PRODUKTIF MENULIS.” Untuk Anda yang ingin memiliki dan membaca buku Strategi Produktif Menulis tersebut bisa langsung klik link ini: https://bit.ly/StrategiProduktifMenulis    

 Ide yang tidak cepat ditulis itu, selain berpeluang hilang. Ide dan inspirasi itu juga bisa keduluan ditulis oleh penulis lain. Tentu, kondisi ini sangat disayangkan dan biasanya kita akan merasa menyesal tidak segera menuliskan ide yang datang hinggap dalam pikiran kita. Saya sendiri, biasanya selalu membiasakan segera menuliskan ide yang datang itu dalam aplikasi yang ada dalam hp pintar yang saya miliki. Atau bisa juga saya menuliskannya sebagai status di jaringan media sosial.

 Sementara itu, untuk ide yang muncul ketika saya membaca buku, biasanya saya langsung menuliskannya dalam buku khusus atau langsung menuliskannya pada sela-sela kosong halaman buku yang dibaca. Intinya, segera saya catat apa yang terlintas saat ide itu datang. Sekecil apa pun idenya itu. Bisa hanya satu kata, kalimat atau paragraf. Pokoknya segeralah catat dengan baik.

 Lalu, perlakuan apa yang kita lakukan terhadap catatan-catatan ide tersebut? Untuk mengembangkan dari catatan ide yang kita miliki itu agar menjadi sebuah tulisan utuh, biasanya saya terlebih dahulu mencari dan membaca bahan-bahan referensi terkait dengan tema ide tersebut. Setelah bahan-bahan referensi itu kita baca dan menandainya atau mencatat point-point yang kita anggap penting, selanjutnya saya mulai menuliskannya secara bebas apa yang ada dalam pikiran dan catatan-catatan dari referensi tersebut sampai semua yang terpikirkan dalam kepala itu tertuang semua dalam tulisan. Jangan lupa, referensi-referensi tersebut kita cantumkan sebagai bahan rujukan dari tulisan yang kita susun tersebut.

 Agar saat menulis secara bebas itu hasilnya terstruktur dengan baik dan lancar menuliskannya, saran saya buatlah terlebih dahulu kerangka tulisannya mulai dari yang sederhana hanya berupa point-point urutan yang akan kita tulis. Atau syukur-syukur kerangka tulisan itu sudah detail, tidak hanya pointnya saja, tapi sudah dilengkapi dengan isi deskripsi tiap bagiannya. Terkait ini, saya kira masing-masing penulis punya cara dan gayanya tersendiri. Silahkan saja temen-temen melakukannya sesuai selera dan kebiasaan masing-masing ketika menulis. Intinya, ide tersebut segera beralih wujud menjadi sebuah tulisan utuh.

 Akhirnya, rahasia tips produktif menulis itu tidak lain adalah segera menuliskan ide-ide yang datang menghinggapi pikiran di kepala kita. Pertanyaannya, sudahkah Anda menuliskan ide yang menghinggapi pikiran kita hari ini?

#tipsmenulis #produktifmenulis #strategiproduktifmenulis 

P.S
Bila tulisan ini menurut Anda bermanfat, silahkan like, komen dan share biar saya posting tulisan yang sejenis.
.
Bagi Anda yang ingin berlangganan terkait tulisan seputar menulis, silahkan Klik WA ===>>> https://bit.ly/2U9jQvB
Lalu, tulis: Minat langganan artikel tentang menulis.
.
Semoga bermanfaat!
.
Arda Dinata
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, Penulis, dan CEO MIQRA Indonesia Publishing |
Twitter: @ardadinata
Instagram: @arda.dinata
Telegram: ardadinata
WWW.ARDADINATA.COM



Dapatkan BONUS Tambahan Bagi Anda Yang Pre Order Buku "STRATEGI PRODUKTIF MENULIS" Hari Ini, Yaitu: 
Langganan GRATIS Kiriman Artikel Tentang Menulis Tiap Edisinya!

Berminat Order Sekarang:

Chat WhatsApp Kirim SMS

Silahkan Bagikan Info Ini Sekarang!